Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CARA BERPAKAIAN REMAJA MASA KINI

remaja punya banyak cara untuk mencari perhatian. Beberapa di antaranya adalah tampil dengan nyeleneh, tampil beda dari yang lain. Mulailah mereka terlihat aneh dengan penampilan yang kadang mengundang kontroversi. Orangtua dan gurupun jadi cemas karena apa yang ditampilkan itu dinilai melenceng dari adat ketimuran. Busana serba minim bagi remaja wanita sangat disukai. Sedangkan yang pria tampil lebih percaya diri dengan acesories di tubuhnya.
Remaja memang suka tampil aneh-aneh, hal ini sering dilontarkan ketika mengamati penampilan mereka di beberapa tempat umum. yang tak lazim dapat dicermati dari cara busana dan performance fisik mereka. yang berkomentar ini adalah cara remaja mencari perhatian untuk menunjukkan siapa dirinya. Namun tak jarang juga yang cukup maklum dengan keadaan ini.
Tampilan busana remaja sangat bergantung dari mode yang sedang trend. Trend ini tentu saja dibawa oleh para idola remaja yang bisa saja memberi inspirasi mereka dari segi penampilan. Termasuk ketika beberapa dari remaja tampil dengan busana yang minim, tatto permanen di tubuhnya atau tindik yang tak hanya ada di telinga sebagaimana wajarnya. Berpakaian modis boleh-boleh saja. Apalagi buat mahluk berseragam biru putih yang masih remaja. Bagaimana sebaiknya menyikapi hal ini? Membiarkan saja sebagai bagian dari rasa maklum karena mereka sedang mencari identitas diri? Bila remaja diberi suatu pengertian, bagaimana cara bijaksana menyampaikannya?
Mode busana memang terus berganti dari waktu ke waktu. Dan rasanya, banyak remaja yang merasa kurang gaul kalau tidak mengikuti tren busana itu. Sesungguhnya boleh-boleh saja berbusana modis mengikuti tren mutakhir. Tapi, remaja harus mempertimbangkan juga norma-norma yang berlaku di sekitarnya.
Sebagian remaja termasuk salah satu fans berat penyanyi Amerika, Britney Spears. Lirik lagu penyanyi remaja ini, mungkin sangat hafal. Tapi apakah  juga harus meniru cara dia berbusana? Kita semua mungkin sudah tahu cara berbusana ala Britney, baju ketat, dada agak terbuka, dan tidak jarang kelihatan pusarnya. Mari sedikit kita merenung dan merefleksi diri, apa busana seperti itu pantas dan aman untuk anak seusia belasan?
Sebagai selebriti, Britney memang ngetop. Tapi bukan berarti remaja mesti meniru dia. Yakinlah, sebagai seorang pelajar tetap bisa tampil modis, tanpa harus meninggalkan nilai-nilai kesopanan. Prinsip ini dipercaya betul oleh teman kamu, Betari. seperti remaja lainnya, siswa kelas IX H ini juga suka memakai busana kasual, celana panjang bermerk, namun tanpa harus memamerkan perut atau pinggangnya. Mungkin dia sangat terkesan pada penampilan penyanyi asal , Siti Nurhaliza. ”Lihat saja Siti Nurhaliza. Dia tetap tampil elegan dan cantik, juga tidak ketinggalan jaman,
Bila kita amati penampilan Siti, sangat menarik. Selain cantik, Siti juga santun dalam berbusana. Cara dia berpakaian sangat sesuai dengan adat budaya masyarakat Timur. ”Kenyataannya, banyak remaja muslim di Indonesia yang menyukai dan mengikuti penampilan seperti dia..
Sedikit berbeda dengan  temanmu Betari yang tak pakai kerudung, Gandis siswa kelas VIII F justru melengkapi busananya dengan kerudung. Sungguh, walau pakai kerudung, Gandis tidak tampak ketinggalan zaman, apalagi terlihat seperti ibu-ibu tua. Tidak sama sekali. Ia justru terlihat lebih anggun. Memakai kerudung bukan berarti tak punya peluang lagi untuk tampil modis. Cara mengenakan kerudung ala artis Inneke Koesherawati atau cara berkerudung ibu kepala sekolah, mungkin bisa jadi contoh. Begitu pula kerudung yang  senantiasa menutup kepala bu Bevie ( bukan Ge eR Lho )
Selain cara mengenakan kerudung, ada hal-hal lain yang membuat remaja berkerudung tetap tampil modis. Warna misalnya, kalau kita bisa memilih warna yang serasi, maka dapat dipastikan akan terlihat menarik. ”Begitu pula model, motif, dan bahan kain bisa membuat pemakainya terlihat modis.Bagaimana dengan remaja yang tak berkerudung? Nilai-nilai kesopanan juga mesti tetap dipegang teguh. seperti yang disampaikan oleh Romo Wiliam “Seorang Kristiani patut bertanya, “Apa yang aku sampaikan melalui apa yang aku kenakan? Dengan kata lain, apa yang dipromosikan oleh `pembungkus’? Ke manakah aku berusaha menarik perhatian orang?” Jika tujuannya adalah untuk mempertontonkan tubuh dan membangkitkan hasrat seksual orang lain, untuk menjadikan diri pusat perhatian dan mengundang rasa ingin tahu orang, maka ia telah melanggar kesopanan, sekaligus keutamaan-keutamaan kerendahan hati, pengenalan dan kesopanan dalam berbusana dan bertingkah laku”. Disini terlihat dengan jelas bahwa cara berbusana Britney sangat tidak enak dilihat, dan kurang sopan. Satu hal lagi, Siswa SMP Barunawati jangan mau menjadi korban mode. Mode busana boleh saja terus berganti dari hari ke hari. Tapi sebagai insan pendidikan tidak boleh terbawa arus. Sesungguhnya, mode terbaru itu tak selalu cocok dengan kita. ”Kalau tidak cocok, kenapa mesti memaksakan diri memakainya. Hanya akan buang-buang uang saja,
Dari ke dua teman-temanmu, Betari dan Gandis telah menentukan cara berpakaian yang cocok dengan kepribadiannya, namun tetap modis dan sopan. Bagaimana dengan kamu? Kamu pun pasti punya pilihan dan selera sendiri. Tapi, supaya cara berpakaian remaja tidak ‘kebablasan’ beberapa hal dibawah ini menjadi acuan dalam berbusana yaitu. Pilihlah  busana yang sopan, serta sesuai dengan adat dan agama karena masih banyak busana yang modis dan ngetrend tapi sekaligus pula sopan. Busana yang biasa dikenakan Siti Nurhaliza, salah satu contohnya. Pilihan seperti itu akan lebih baik dibanding mengikuti mode mutakhir yang belum tentu cocok untuk siswa SMP dan kadang malah membuat orang lain risih.
remaja kususnya anak-anak SMP tidak perlu takut, busana muslim akan membuat kalian terlihat kuno. Untuk perlu diketahui, busana muslim memiliki tiga model dasar yaitu gamis, abaya, dan tunik. Gamis adalah baju muslim panjang (long dress) yang bisa dipadukan dengan celana. Selain untuk perempuan, dapat pula dipakai oleh kaum pria. Sedang abaya adalah model baju Arab (Timur Tengah) yang bentuknya terusan, blong sampai ke kaki. Busana ini bisa dimodifikasi dan hanya dipakai oleh perempuan. Terakhir adalah tunik yaitu blus panjang, tidak ketat, dan berlengan panjang. Panjang tunik harus menutupi pantat. Dalam pemakaiannya, tunik bisa dipadukan dengan celana atau rok panjang. Nah, tiga model dasar ini, bisa dimodifikasi sedemikian rupa sehingga cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Tegar Hery Santoso mengatakan...

TULISANNYA GAK KE BACA

Poskan Komentar